BI KERJASAMA DENGAN UM PALANGKARAYA DALAM PROGRAM BI MENGAJAR

“BI MENGAJAR: Rektor UM Palangkaraya menyampaikan sambutan pada acara BI Mengajar yang diselenggarakan di Kampus UM Palangkaraya, pada Kamis (13/8).”

 

PALANGKA RAYA –  Sebagai bentuk sumbangsih Bank Indonesia terhadap kemajuan dunia pendidikan, sekaligus menjadi bagian dari rangkaian pelaksanaan peringatan HUT Bank Indonesia ke-67 dan HUT Republik Indonesia ke-75,  maka Bank Indonesia melaksanakan Program “BI Mengajar” yang diselenggarakan di seluruh wilayah kerja Bank Indonesia. Untuk Bank Indonesia Kantor Perwakilan (KPw) Kalimantan Tengah, Kamis 13 Agustus 2020, melaksanakan program BI Mengajar di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

Namun, mengingat masih dalam situasi tanggap Pandemi Covid-19, kali ini pelaksanaannya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Bank Indonesia KPw Kalimantan Tengah menyelenggaran secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan kanal YouTube streaming Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Adapun dari pihak Bank Indonesia yang memaparkan materi adalah Bapak Yudo Herlambang selaku Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Kalimantan Tengah.

“Program BI Mengajar adalah program rutin tahunan. Oleh karena animo peserta luar biasa ditambah dengan adanya kondisi pandemic covid-19 maka pelaksanaan dilakukan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan kanal YouTube streaming,” ungkap Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Kalimantan Tengah, Yudo Herlambang.

Dalam pemaparan materi, Bapak Yudo Herlambang, menekankan bahwa mahasiswa yang mengikuti BI Mengajar kali ini diharapkan mampu menyerap ilmu mulai dari Kebanksentralan secara umum, tugas dan peran Bank Indonesia termasuk Perkembangan Ekonomi dan Keuangan Digital untuk kemudian dikomunikasikan kembali kepada orang-orang terdekatnya. Yudo berharap, mahasiswa juga bisa menyampaikan kembali materi yang diserapnya kepada masyarakat, agar masyarakat tahu tentang perkembangan ekonomi dan keuangan digital.

Pemberian materi oleh narasumber menjadi sangat menarik saat narasumber menjelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami dan sesekali diselingi dengan video-video menarik yang mampu memicu gelak tawa peserta sehingga materi yang diberikan menjadi mudah dipahami.

Meskipun tidak dapat dilaksanakan secara tatap muka, namun tidak mengurangi semaraknya penyelenggaraan kegiatan ini. Pada kesempatan kali ini, pihak BI Mengajar juga memberikan hadiah menarik berupa e-money bagi para penanya terbaik yang membuat para peserta antusias. Pada acara ini terdapat lebih dari 250 peserta yang mengikuti acara BI Mengajar yang dimulai sejak jam 9 pagi ini.

Sebelum menutup materi yang diberikan, Yudo Herlambang mengingatkan untuk para mahasiswa agar mampu menjadi duta digitalisasi yang mampu memberikan informasi strategis terkait perkembangan dan implementasi digitalisasi terutama di dalam sistem pembayaran di daerah.

Sementara itu, Rektor UM Palangkaraya, Dr. Sonedi, M.Pd, mengaku bangga sekali kampusnya terpilih oleh Bank Indonesia KPw Kalimantan Tengah sebagai tempat BI Mengajar. Dirinya berharap supaya semua mahasiswa yang mengikuti, baik secara tatap muka langsung maupun virtual, mampu menyerap ilmu sebanyak-banyaknya dari paparan Kepala KPw BI Kalimantan Tengah selaku narasumber.

“Kami berharap pula agar kegiatan ini akan terus ditindaklanjuti dengan kegiatan edukasi lainnya terkait kebijakan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia” ujar Dr. Sonedi, M.Pd, pada Kamis (13/8).

(ap/my)

Leave a Reply